Rabu, 21 November 2012

Terungkap, Prosesor Tablet Masa Depan Intel


www.mobilegeeks.com

KOMPAS.com - Seri prosesor Cortex dari ARM saat ini mendominasi lanskap industri perangkat mobile, tetapi Intel terus berusaha meraih pangsa pasar lewat produk-produknya.

Melalui serangkaian slide presentasi yang bocor dan beredar di internet, terungkap bahwa salah satu produsen prosesor terbesar di dunia ini sudah menyiapkan sejumlah produk masa depan untuk segmen tablet.

Pada 2014 mendatang, Intel berencana merilis prosesor Bay Trail, penerus seri prosesor Clover Trail yang menjadi andalan Intel sekarang. Kabarnya, saat ini pun Intel sudah terlibat pembicaraan dengan para vendor perangkat yang tertarik menggunakan prosesor masa depan itu.

Bay-Trail-T-3-1024x576
(Gambar: mobilegeeks.com)

Dibanding pendahulunya, Bay Trail yang dikemas dalam SoC bernama Valleyview-T ini mengusung sejumlah peningkatan seperti proses fabrikasi yang diciutkan dari 32 nanometer menjadi 22 nanometer sehingga bisa meminimalisir penggunaan daya dan memperpanjang daya tahan baterai.

Bay-Trail-T-4-1024x576
(Gambar: mobilegeeks.com)

Inti CPU yang tertanam di Bay Trail berjumlah empat buah (quad-core), dan berjalan dengan kecepatan 2,1 GHz. Peningkatan kinerja yang dihasilkan dibanding Clover Trail, menurut Intel, mencapai kisaran 50-60 persen.

Adapun pemroses grafisnya disebut menggunakan "Intel Gen 7 graphics" yang disinyalir tak lain merupakan Intel HD 4000 yang saat ini digunakan di  seri prosesor desktop Ivy Bridge dari perusahaan yang sama.

Bay-Trail-T-4-1024x576
(Gambar: mobilegeeks.com)

Pemroses grafis ini disebut cukup kuat untuk menangani display resolusi tinggi hingga 2560x1600 dan playback video full-HD 30 FPS tanpa mengorbankan daya tahan baterai ataupun menghasilkan panas berlebih, serta memiliki dukungan API Direct X 11.

Bay-Trail-T-2-1024x576
(Gambar: mobilegeeks.com)

Fitur lain yang juga disebutkan adalah dukungan perekaman video 3D 1080p dalam frame rate 60 FPS.

Intel diperkirakan bakal membuat pengumuman terkait dengan prosesor baru ini pada CES 2013 Januari mendatang di Las Vegas.

“Baca Juga Artikel Terkait Yang Lebih Keren Di Muh abdillah Blog”

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo