Rabu, 28 November 2012

Tips' Mengambil alih hak akses file di Windows 7

Bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Windows XP kemudian berpindah ke Windows 7, mungkin akan mengalami beberapa masalah. Salah satunya ketika kita mendapatkan file dari komputer lain atau dari internet kadang file ini tidak bisa kita buka, copy, hapus dan akses lainnya (Access denied), meskipun kita sudah login dengan hak akses administrator. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya ?


Windows Vista dan Windows 7 menerapkan keamanan (security) yang lebih dibanding windows sebelumnya, salah satunya adanya Access control terhadap file atau object di komputer. Hanya pengguna, group atau komputer yang sudah di berikan ijin ke file tersebut yang bisa mengaksesnya. Tujuannya untuk lebih mengamankan komputer dari pengguna yang tidak berhak mengakses file/objek tertentu, meski terkadang ini merepotkan ( karena meskipun kita login dan mempunyai hak akses administrator, kita tetap tidak bisa mengaksesnya)

ada beberapa cara untuk mengatasi hal diatas.diantaranya adalah:
    .NTFS access ( to set permision )
     .Seting di regedit
    .tab Security
oke langsung saja kita mulai cara yang pertama yaitu dengan NTFS access
NTFS access adalah sebuah progam kecil yang hanya berukuran 60 KB.tapi kemampuannya dalam hal membuka file/folder/drive yang terproteksi system bisa dibilang sangat hebat.
Cara penggunaan NTFS access;Run NTFS access.exe ( as administrator )---klik tobol browse ( untuk memilih file/folder yang mau kita access )----klik Grant.
sekarang folder yang tadinya tidak bisa di access sudah bisa kita access.
:dibawah
DOWNLOAD NTFS Access
Ada juga dengan cara seperti ini
Menepati janji saya kemaren sekarang saya akan menjelaskan cara  Mengambil alih hak akses dengan cara mengedit Regedit. Mengambil alih hak akses atau selanjutnya kita sebut Takeownership
Tujan kita kali ini adalah  menambahkan menu ketika klik kanan sebuah file/folder.

Untuk menambahkan menu ini, copy paste text berikut di notepad dan simpan dengan ekstensi .reg, misalnya : takeownership.reg.
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\runas]
@="Take Ownership"
"NoWorkingDirectory"=""

[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\runas\command]
@="cmd.exe /c takeown /f \"%1\" && icacls \"%1\" /grant administrators:F"
"IsolatedCommand"="cmd.exe /c takeown /f \"%1\" && icacls \"%1\" /grant administrators:F"

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\runas]
@="Take Ownership"
"NoWorkingDirectory"=""

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\runas\command]
@="cmd.exe /c takeown /f \"%1\" /r /d y && icacls \"%1\" /grant administrators:F /t"
"IsolatedCommand"="cmd.exe /c takeown /f \"%1\" /r /d y && icacls \"%1\" /grant administrators:F /t"
 
Setelah file tersebut di simpan dengan ekstensi REG, selanjutnya jalankan file ini (klik dua kali/double klik), yang akan menampilkan pesan seperti berikut, dan klik saja OK.


Akan muncul informasi bahwa registry sudah di tambahkan, selanjutnya kita bisa mengecek dengan klik kanan sebuah file, maka akan muncul menubaru, yaitu : Take Ownership. Jika kita tidak bisa mengakses sebuah file, maka kita tinggal klik kanan dan pilih menu Take Ownership. Maka kita sebagai administrator akan bisa mengakses file tersebut.
Setelah di klik take ownership, maka ketika di klik kanan > properties dan dilihat di tab security, maka di bagian Groups and username akan berisi Administrator. Artinya administrator bisa mengakses penuh file ini.
Untuk yang nggak mau repot kopas kode diatas silahkan download Take ownership.rar size 1kb
File tsb  diatas sudah saya sertakan unregnya.jadi kalau mau menghapus Take Ownership yang sudah terpasang agan tinggal double klik RemoveTakeOwnership.reg maka setingan registry agan akan kembali seperti semula.

“Baca Juga Artikel Terkait Yang Lebih Keren Di Muh abdillah Blog”

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo