Senin, 04 Februari 2013

Cara Mematikan Plymouth Ubuntu Dengan Aman

Plymouth datang menggantikan Gnome Splash sejak Ubuntu 10.04 dirilis. Menjadi ciri khas Ubuntu hingga kini dan mungkin rilis-rilis berikutnya. Secara default Ubuntu akan menjalankan plymouth mede image jika perangkat memungkinkan dan menggantinya dengan mode text jika perangkat grafis tidak terdukung saat sistem dijalankan. 


Kebanyakan pengguna ubuntu datang mencari cara mengganti atau mengubah theme splash Plymouth, namun kali ini kamijustru akan menyampaikan cara mematikan plymouth pada Ubuntu dengan cara aman, bukan dengan cara meremove paket-paket plymouthnya. Cara tersebut adalah dengan mematikan plymouth dari konfigurasi grub.

Untuk mematikan plymouth melalui grub, silahkan jalankan terminal lalu ketik perintah berikut:

sudo gedit /etc/default/grub

Pada jendela gedit yang telah terbuka, cari baris yang isinya seperti berikut ini:

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash"

Hapus bagian "quiet splash" dan hanyanya menyisakan tanda kutip saja ( "" ), sehingga baris tersebut menjadi seperti berikut ini:

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=""

Simpan perubahan lalu tutup jendela gedit. 

Masih pada terminal, ketik perintah berikut untuk mengupdate grub:

sudo update-grub2 atau sudo update-grub

Silahkan restart komputer Anda, kini plymouth tidak akan ditampilkan lagi dan Anda dapat mengamati proses saat sistem sedang dijalankan.

Untuk mengembalikan plymouth jika Anda menghendaki, silahkan ulangi cara di atas dan mengembalikan baris yang sudah dihapus seperti keadaan semula dan mengupdate grub kembali.


Selamat mencoba...

“Baca Juga Artikel Terkait Yang Lebih Keren Di Muh abdillah Blog”

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo