Senin, 11 Maret 2013

Cara Mengatasi File Exe bermasalah di windows 7


Mengatasi File Executable yang Diarahkan ke Program Lain
Apakah di antara teman-teman ada yang pernah mengalami masalah saat membuka program, misalnya word, excel, corel, dan sebagainya, tetapi kemudian yang terbuka adalah program pemutar lagu, winamp? Kalau pernah, berarti teman-teman menemukan kesalahan (bug) pada sistem operasi Windows 7 dan Vista. Sudah ada beberapa teman yang mengalami hal seperti itu, tetapi memang agak “ribet” mengatasinya karena semua file ber-ekstensi EXE akan diarahkan ke winamp.
Kesalahan ini terjadi karena file association windows mengalami kekacauan. Seolah-olah file ekstensi EXE tersebut ditentukan sendiri cara bukanya oleh user (user choice).
Memang ada program yang secara otomatis akan memperbaiki registry windows berkaitan dengan file association tersebut, tetapi apakah file dalam format executable (EXE) tersebut bisa berjalan pada sistem yang telah rusak? Kemungkinannya sangat kecil, karena file EXE sudah dibelokkan oleh kesalahan file association itu sendiri!
Untuk mencegah hal di atas, sebaiknya teman-teman membuat sendiri file yang berisi kode-kode registry windows untuk memperbaiki kekacauan file association tersebut.
Di bawah ini adalah kode-kode yang harus dicopy:
Windows Registry Editor Version 5.00
[-HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe]
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe]
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe\OpenWithList]
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe\OpenWithProgids]
“exefile”=hex(0):
Copy semua teks yang berwarna biru, buka notepad (pada komputer yang tidak bermasalah), lalu simpan file tersebut dengan nama apa saja, yang terpenting disini, ekstensinya diubah ke ekstensi .reg, bukan .txt.
Tetapi bagi yang tidak mau bersusah payah, atau khawatir dengan akan terjadinya kesalahan saat proses penyimpanan file, silahkan dowload file Vista-7-Fix-Exe.reg, yang di dalamnya berisi kode-kode seperti di atas, tetapi harus di-ekstrak terlebih dahulu karena tersimpan dalam file berformat ZIP.
Cara memperbaikinya: klik kanan file Vista-7-Fix-Exe.reg (baik file yang dibuat sendiri, atau file hasil didownload), lalu pilih “Merge”.
****************************** Tambahan ******************************
Ternyata ada masalah lain setelah kekacauan file association muncul, pengguna windows 7 / Vista yang sudah “agak mengerti” tentang windows akan mengutak-atik file association-nya dengan cara mengarahkan program menggunakan metode “open with”.
Tetapi cara ini bisa membuat sistem windows semakin kacau, dan kekacauan yang paling sering terjadi adalah, semua file shortcut (.lnk) akan diarahkan ke program tertentu. Jika sudah demikian, perbaikan registry windows dengan cara di atas tidak akan memberikan solusi yang maksimal.
Jika semua file shortcut diarahkan ke program lain, silahkan coba cara berikut:
Jalankan Registry Editor (Tekan tombol Windows + R, lalu ketik regedit)
Arahkan ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.lnk
Klik tanda “+” pada sub-key “.lnk”
Jika ditemukan key “UserChoice”, klik kanan lalu pilih menu “Delete”
Tutup Registry Editor, lalu restart windows…

“Baca Juga Artikel Terkait Yang Lebih Keren Di Muh abdillah Blog”

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo