Selasa, 12 Maret 2013

Mudah Mengupgrade ke LibreOffice 4 Di Ubuntu 12.04 / 12.10

The Document Foundation telah resmi merilis versi terbaru dari office suite LibreOffice. LibreOffice 4 datang dengan berbagai kemajuan serta fitur baru yang tidak ada pada versi sebelumnya.
LibreOffice 4 Ubuntu 12.04 / 12.10

Bagi pengguna Ubuntu 12.04 LTS dan Ubuntu 12.10 dipastikan tidak akan mendapatkan update paket LibreOffice ke versi 4 dari repositori resmi Ubuntu. Itu artinya penggunakedua versi Ubuntu tersebut harus puas dengan LibreOffice 3.xx. Namun demikian, bukan berarti pengguna Ubuntu 12.04 dan 12.10 tidak dapat menginstall sendiri LibreOffice 4, mereka tetap dapat menggunakan versi 4 dengan cara mendownload secara mandiri dari situs resmi LibreOffice atau menggunakan repositori PPA libreoffice team.

Untuk menambahkan repositori PPA libreoffice team dan menginstall LibreOffice 4 di Ubuntu 12.04 dan 12.10, silahkan ikuti panduan berikut ini.
LibreOffice 4 Ubuntu 12.04 / 12.10

Jalankan terminal lalu ketik perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa

Update repositori dengan perintah berikut:

sudo apt-get update

Tutup jendela terminal. Untuk mengupgrade secara aman dan hanya paket-paket LibreOffice 4 yang ingin Anda update silahkan gunakan package manager semacam Synaptic atau Ubuntu software center. Ini untuk menghindari paket lain yang tidak dikehendaki turut diupdate saat mengupgrade LibreOffice 4.

Jalankan Synaptic, pilih di bagian "Installed (upgradable)" lalu tandai semua paket LibreOffice untuk diupdate. Setelah semua paket yang ingin diupdate selesai ditandai, tekan tombol "Apply" untuk memulai proses upgrade.
LibreOffice 4 Ubuntu 12.04 / 12.10

Selesai upgrade Anda dapat mencoba menjalankan aplikasi LibreOffice yang kini telah menjadi versi 4.




Selamat mencoba...

“Baca Juga Artikel Terkait Yang Lebih Keren Di Muh abdillah Blog”

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo